Hotel Operator & Owner Obligation
HOTEL OPERATOR
Sebelum pembangunan, mempersiapkan
- Studi kelayakan proyek, termasuk target pemasaran
- Membantu pemilik dalam negosiasi dengan financer
- Penanda-tanganan Management Contract
- Technical Assistance mencakup engineering, konsultasi desain, kelancaran alur pekerjaan, standarisasi sistim pencegahan dan perawatan peralatan
- Konsep pembangunan hotel, termasuk tema untuk setiap outlet
Selama pembangunan :
- Periksa/evaluasi gambar-2 dan desain disesuaikan kepada business plan
- Berikan komentas atas pekerjaan sipil (a.l. kerapian), desain, pengaturan dan luas ruangan, kelancaran alur dan urutan pekerjaan
- Susun dan ajukan FF&E dan Operating Equipment yang dibutuhkan
- Persiapkan sistim preventive maintenance dan aplikasinya di hotel
- Cadangkan kemungkinan untuk perluasan atau perubahan dimasa yad.
Tahap Pre-opening :
- Lakukan survai pasar dan pesaing dilihat dari semua sudut untuk action
- Siapkan Pre-opening Business Plan dan juga Marketing Plan
- Tuntaskan critical path setiap bagian dan divisi, pertahankan jadwal dan topiknya sesuai yang telah disetujui sebelumnya.
- Laksanakan pemilihan dan penerimaan karyawan untuk semua tingkatan
- Jalankan Action Plan untuk Sales dan Marketing
- Susun semua policies secara rinci untuk digunakan operasionil hotel
- Lakukan pemeriksaan defect list atas bangunan & kelengkapannya
- Lakukan pemeriksaan atas kelengkapan maupun kondisi FF&E dan O.E. pada saat penerimaan, instalasi, commissioning oleh pemasok
- Persiapkan serah-terima bangunan dan perlatan dari kontraktor utama
- Buatkan task breakdown dan di-implementasi-kan pada T-T-T (train-the-trainer) sesuai dengan policies yang telah disusun
- Lakukan Dry run atas semua bagian sampai mencapai tingkat yang diharapkan sebelum Soft opening
Setelah / selama Hotel ber-operasi :
- Implementasi-kan policies & procedures
- Raih target penjualan sebagaimana dalam business plan (kamar, banket, restoran, laundry, katering-ke-luar, telepon, business center, dsb).
- Gairahkan untuk menciptakan inovasi-2 baru setiap saat
- Pelihara FF&E, OE dan harta benda pereusahaan lainnya
- Awasi pemborosan, in-efficiency atas energi, sistim dan peralatan
- Pertahankan moral karyawan sesuai standard, hindari turn over
- Setiap saat usahakan peningkatan keuntungan semaksimal mungkin dengan menaikkan revenue dan/atau mengurangi cost
PEMILIK HOTEL / PROPERTY
Sebelum pembangunan :
- Memiliki asset (tanah) atau hotel/property
- Melakukan negosiasi dengan financer, jika dibutuhkan
- Menunjuk hotel management memalui Management Contract
- Menerima / menyetujui Business Plan sebagai kelanjutan studi kelayakan
- Menyetujui konsep dasar yang disarankan oleh operator, bersamaan dengan itu menunjuk arsitek untuk desain dasar
- Menyiapkan dana untuk pembangunan, FF&E, OE, pre-opening, modal kerja untuk suatu masa tertentu (sesuaikan dengan Business Plan)
- Menunjuk kontraktor utama
Selama pembangunan :
- Memantau perkembangan pembangunan serta jadwal pentahapannya
- Meng-koordinasikan pekerjaan kontraktor utama dengan kebutuhan operasional hotel / operator
- Pelajari dan setujui permintaan FF&E, OE yang disusulkan operator hotel
- Pelajari / dimantai persetujuan atas pre-opening business plan dan marketing plan yang diajukan operator hotel
- Lakukan pembelian FF&E dan OE sesuai kebutuhan: mutu dan jumlah permintaan operator
Tahap Pre-opening :
- Mendelegasikan operator hotel untuk melakukan serah terima dari kontraktor utama
- Secara ketat memantau persiapan untuk pre-opening dan soft opening
- Menyerahkan dana yang dibutuhkan operator hotel: pre-opening budget, working capital, fixed & variable costs
- Melengkapi semua surat-2 dan perijinan untuk peng-operasian hotel dengan didukung oleh operator hotel
Setelah / selama Hotel ber-operasi :
- Menerima semua laporan dan bukti penyetoran semua penerimaan yang dimasukkan ke rekening bank pemilik yang dibuatk khusus untuk itu
- Memberikan dana sebagaimana dibutuhkan untuk peng-operasi-an hotel, termasuk belanja operasional dan biaya karyawan
- Dari waktu ke waktu melakukan dan membiayai renovasi, modifikasi, peningkatan fasilitas maupun kegiatan lain terkait asset hotel.
- Dari waktu ke waktu memantau dan membandingkan penghasilan dengan target didalam business plan
- Setiap bulan membayar management fee kepada operator hotel
- Setiap akhir tahun buku membayar ke operator hotel suatu persentase dari Gross Operating Profit (GOP) yang disetujui dalam management contract.