Home » Hotel Operator & Owner Obligation

Hotel Operator & Owner Obligation

HOTEL  OPERATOR

Sebelum pembangunan, mempersiapkan

  • Studi kelayakan proyek, termasuk target pemasaran
  • Membantu pemilik dalam negosiasi dengan financer
  • Penanda-tanganan Management Contract
  • Technical Assistance mencakup engineering, konsultasi desain, kelancaran alur pekerjaan, standarisasi sistim pencegahan dan perawatan peralatan
  • Konsep pembangunan hotel, termasuk tema untuk setiap outlet

Selama pembangunan :

  • Periksa/evaluasi gambar-2 dan desain disesuaikan kepada business plan
  • Berikan komentas atas pekerjaan sipil (a.l. kerapian), desain, pengaturan dan luas ruangan, kelancaran alur dan urutan pekerjaan
  • Susun dan ajukan FF&E dan Operating Equipment yang dibutuhkan
  • Persiapkan sistim preventive maintenance dan aplikasinya di hotel
  • Cadangkan kemungkinan untuk perluasan atau perubahan dimasa yad.

 Tahap Pre-opening :

  • Lakukan survai pasar dan pesaing dilihat dari semua sudut untuk action
  • Siapkan Pre-opening Business Plan dan juga Marketing Plan
  • Tuntaskan critical path setiap bagian dan divisi, pertahankan jadwal dan topiknya sesuai yang telah disetujui sebelumnya.
  • Laksanakan pemilihan dan penerimaan karyawan untuk semua tingkatan
  • Jalankan Action Plan untuk Sales dan Marketing
  • Susun semua policies secara rinci untuk digunakan operasionil hotel
  • Lakukan pemeriksaan defect list atas bangunan & kelengkapannya
  • Lakukan pemeriksaan atas kelengkapan maupun kondisi FF&E dan O.E. pada saat penerimaan, instalasi, commissioning oleh pemasok
  • Persiapkan serah-terima bangunan dan perlatan dari kontraktor utama
  • Buatkan task breakdown dan di-implementasi-kan pada T-T-T (train-the-trainer) sesuai dengan policies yang telah disusun
  • Lakukan Dry run atas semua bagian sampai mencapai tingkat yang diharapkan sebelum Soft opening

Setelah / selama Hotel ber-operasi :

  1. Implementasi-kan  policies & procedures
  2. Raih target penjualan sebagaimana dalam business plan (kamar, banket, restoran, laundry, katering-ke-luar, telepon, business center, dsb).
  3. Gairahkan untuk menciptakan inovasi-2 baru setiap saat
  4. Pelihara FF&E, OE dan harta benda pereusahaan lainnya
  5. Awasi pemborosan, in-efficiency atas energi, sistim dan peralatan
  6. Pertahankan moral karyawan sesuai standard, hindari turn over
  7. Setiap saat usahakan peningkatan keuntungan semaksimal mungkin dengan menaikkan revenue dan/atau mengurangi cost

  PEMILIK HOTEL / PROPERTY

 Sebelum pembangunan :

  1. Memiliki asset (tanah) atau hotel/property
  2. Melakukan negosiasi dengan financer, jika dibutuhkan
  3. Menunjuk hotel management memalui Management Contract
  4. Menerima / menyetujui Business Plan sebagai kelanjutan studi kelayakan
  5. Menyetujui konsep dasar yang disarankan oleh operator, bersamaan dengan itu menunjuk arsitek untuk desain dasar
  6. Menyiapkan dana untuk pembangunan, FF&E, OE, pre-opening, modal kerja untuk suatu masa tertentu (sesuaikan dengan Business Plan)
  7. Menunjuk kontraktor utama

 Selama pembangunan :

  1. Memantau perkembangan pembangunan serta jadwal pentahapannya
  2. Meng-koordinasikan pekerjaan kontraktor utama dengan kebutuhan operasional hotel / operator
  3. Pelajari dan setujui permintaan FF&E, OE yang disusulkan operator hotel
  4. Pelajari / dimantai persetujuan atas pre-opening business plan dan marketing plan yang diajukan operator hotel
  5. Lakukan pembelian FF&E dan OE sesuai kebutuhan: mutu dan jumlah permintaan operator

 Tahap Pre-opening :

  1. Mendelegasikan operator hotel untuk melakukan serah terima dari kontraktor utama
  2. Secara ketat memantau persiapan untuk pre-opening dan soft opening
  3. Menyerahkan dana yang dibutuhkan operator hotel: pre-opening budget, working capital, fixed & variable costs
  4. Melengkapi semua surat-2 dan perijinan untuk peng-operasian hotel dengan didukung oleh operator hotel

 Setelah / selama Hotel ber-operasi :

  1. Menerima semua laporan dan bukti penyetoran semua penerimaan yang  dimasukkan ke rekening bank pemilik yang dibuatk khusus untuk itu
  2. Memberikan dana sebagaimana dibutuhkan untuk peng-operasi-an hotel, termasuk belanja operasional dan biaya karyawan
  3. Dari waktu ke waktu melakukan dan membiayai renovasi, modifikasi, peningkatan fasilitas maupun kegiatan lain terkait asset hotel.
  4. Dari waktu ke waktu memantau dan membandingkan penghasilan dengan target didalam business plan
  5. Setiap bulan membayar management fee kepada  operator hotel
  6. Setiap akhir tahun buku membayar ke operator hotel suatu persentase dari Gross Operating Profit (GOP) yang disetujui dalam management contract.
   QrhotelsBlog@2020 All rights reserved.| Powered by cnayla| qrhotels.co.id